Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi
Universal
Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan
bagian
dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers.
Media
siber memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar
pengelolaannya
dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan
kewajibannya
sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik
Jurnalistik.
Untuk itu Dewan Pers bersama organisasi pers, pengelola media siber, dan
masyarakat
menyusun Pedoman Pemberitaan Media Siber sebagai berikut:
1.
Ruang Lingkup
a. Media
Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan
melaksanakan
kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang
Pers dan
Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.
b. Isi
Buatan Pengguna (User Generated Content) adalah segala isi
yang dibuat dan
atau
dipublikasikan oleh pengguna media siber, antara lain, artikel, gambar,
komentar,
suara, video dan berbagai bentuk unggahan yang melekat pada media
siber,
seperti blog, forum, komentar pembaca atau pemirsa, dan bentuk lain.
2.
Verifikasi dan keberimbangan berita
a. Pada
prinsipnya setiap berita harus melalui verifikasi.
b. Berita
yang dapat merugikan pihak lain memerlukan verifikasi pada berita yang
sama untuk
memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan.
c.
Ketentuan dalam butir (a) di atas dikecualikan, dengan syarat:
1) Berita
benar-benar mengandung kepentingan publik yang bersifat mendesak;
2) Sumber
berita yang pertama adalah sumber yang jelas disebutkan identitasnya,
kredibel
dan kompeten;
3) Subyek
berita yang harus dikonfirmasi tidak diketahui keberadaannya dan atau
tidak
dapat diwawancarai;
4) Media
memberikan penjelasan kepada pembaca bahwa berita tersebut masih
memerlukan
verifikasi lebih lanjut yang diupayakan dalam waktu secepatnya.
Penjelasan
dimuat pada bagian akhir dari berita yang sama, di dalam kurung
dan
menggunakan huruf miring.
d. Setelah
memuat berita sesuai dengan butir (c), media wajib meneruskan upaya
verifikasi,
dan setelah verifikasi didapatkan, hasil verifikasi dicantumkan pada
berita
pemutakhiran (update) dengan tautan pada berita yang belum
terverifikasi.
3. Isi
Buatan Pengguna (User Generated Content)
a. Media
siber wajib mencantumkan syarat dan ketentuan mengenai Isi Buatan
Pengguna
yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang No. 40 tahun 1999
tentang
Pers dan Kode Etik Jurnalistik, yang ditempatkan secara terang dan jelas.
b. Media
siber mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan registrasi keanggotaan
dan
melakukan proses log-in terlebih dahulu untuk dapat
mempublikasikan semua
bentuk Isi
Buatan Pengguna. Ketentuan mengenai log-in akan diatur lebih
lanjut.
c. Dalam
registrasi tersebut, media siber mewajibkan pengguna memberi persetujuan
tertulis
bahwa Isi Buatan Pengguna yang dipublikasikan:
1) Tidak
memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul;
2) Tidak
memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan
suku,
agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan
kekerasan;
3) Tidak
memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa,
serta
tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau
cacat
jasmani.
d. Media
siber memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus Isi
Buatan
Pengguna yang bertentangan dengan butir (c).
e. Media
siber wajib menyediakan mekanisme pengaduan Isi Buatan Pengguna yang
dinilai
melanggar ketentuan pada butir (c). Mekanisme tersebut harus disediakan di
tempat
yang dengan mudah dapat diakses pengguna.
f. Media
siber wajib menyunting, menghapus, dan melakukan tindakan koreksi setiap
Isi Buatan
Pengguna yang dilaporkan dan melanggar ketentuan butir (c), sesegera
mungkin
secara proporsional selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah pengaduan
diterima.
g. Media
siber yang telah memenuhi ketentuan pada butir (a), (b), (c), dan (f) tidak
dibebani
tanggung jawab atas masalah yang ditimbulkan akibat pemuatan isi yang
melanggar
ketentuan pada butir (c).
h. Media
siber bertanggung jawab atas Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan bila
tidak
mengambil tindakan koreksi setelah batas waktu sebagaimana tersebut pada
butir (f).
4.
Ralat, Koreksi, dan Hak Jawab
a. Ralat,
koreksi, dan hak jawab mengacu pada Undang-Undang Pers, Kode Etik
Jurnalistik,
dan Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Dewan Pers.
b. Ralat,
koreksi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat,
dikoreksi
atau yang diberi hak jawab.
c. Di
setiap berita ralat, koreksi, dan hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan
ralat,
koreksi, dan atau hak jawab tersebut.
d. Bila
suatu berita media siber tertentu disebarluaskan media siber lain, maka:
1)
Tanggung jawab media siber pembuat berita terbatas pada berita yang
dipublikasikan
di media siber tersebut atau media siber yang berada di bawah
otoritas
teknisnya;
2) Koreksi
berita yang dilakukan oleh sebuah media siber, juga harus dilakukan
oleh media
siber lain yang mengutip berita dari media siber yang dikoreksi itu;
3) Media
yang menyebarluaskan berita dari sebuah media siber dan tidak
melakukan
koreksi atas berita sesuai yang dilakukan oleh media siber pemilik
dan atau
pembuat berita tersebut, bertanggung jawab penuh atas semua akibat
hukum dari
berita yang tidak dikoreksinya itu.
e. Sesuai
dengan Undang-Undang Pers, media siber yang tidak melayani hak jawab
dapat
dijatuhi sanksi hukum pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (Lima
ratus juta
rupiah).
5.
Pencabutan Berita
a. Berita
yang sudah dipublikasikan tidak dapat dicabut karena alasan penyensoran
dari pihak
luar redaksi, kecuali terkait masalah SARA, kesusilaan, masa depan
anak,
pengalaman traumatik korban atau berdasarkan pertimbangan khusus lain
yang
ditetapkan Dewan Pers.
b. Media
siber lain wajib mengikuti pencabutan kutipan berita dari media asal yang
telah
dicabut.
c.
Pencabutan berita wajib disertai dengan alasan pencabutan dan diumumkan kepada
publik.
6.
Iklan
a. Media
siber wajib membedakan dengan tegas antara produk berita dan iklan.
b. Setiap
berita/artikel/isi yang merupakan iklan dan atau isi berbayar wajib
mencantumkan
keterangan ”advertorial”, ”iklan”, ”ads”, ”sponsored”, atau kata lain
yang
menjelaskan bahwa berita/artikel/isi tersebut adalah iklan.
7. Hak
Cipta
Media
siber wajib menghormati hak cipta sebagaimana diatur dalam peraturan
perundang-undangan
yang berlaku.
8.
Pencantuman Pedoman
Media
siber wajib mencantumkan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini di medianya
secara
terang dan jelas.
9. Sengketa
Penilaian
akhir atas sengketa mengenai pelaksanaan Pedoman Pemberitaan Media
Siber ini
diselesaikan oleh Dewan Pers.
Jakarta, 3
Februari 2012
(Pedoman
ini ditandatangani oleh Dewan Pers dan komunitas pers di Jakarta, 3 Februari
2012).